Blog ini telah dipindah ke sini

Wednesday, September 26, 2007

Lomba Penulisan 1001 Kisah Ramadhan

Ramadhan telah datang. Ia adalah momentum kehidupan di mana semua sisi kehidupan bermuara. Ada pahit, manis, sendu, lucu, tawa atau hikmah yang sifatnya universal dan dapat dinikmati semua insan di muka bumi. Jadi mengapa harus terhalang batas religi untuk sekedar berbagi? Bukankah Kehidupan adalah sekolah yang sebenarnya yang tak pernah pilih murid-muridnya atas nama apapun? Yuk, berbagi. Karena berbagi itu indah.

Nah, demi melestarikan semangat berbagi tersebut dan menyemarakkan bulan Ramadhan 1428 Hijriah, Komunitas Sekolah Kehidupan menyelenggarakan Lomba Penulisan Kisah Ramadhan (LPKR) dengan ketentuan sbb:

TEMA

"1001 Ramadhan" yakni seribu satu kisah nyata keseharian yang dialami sendiri atau keluarga terdekat atau sahabat atau orang lain di bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Dapat berupa cerita non-fiksi yang lucu, menyeramkan, mengharukan, menyedihkan, menyakitkan, mengesankan, berhikmah atau inspiratif.

Tapi harap jangan mengirimkan cerita yang memuat SARA, politik, dan bersifat porno, serta cerita yang diduga bisa menciptakan konflik di pemerintahan dan kehidupan masyarakat banyak.

HADIAH

Hadiah untuk tulisan-tulisan terpilih adalah BUKU. Buku untuk hadiah bagi para penulis adalah sumbangan atau donasi dari sesama Sahabat Eska. Pada postingan terpisah, dilampirkan daftar para donatur buku untuk hadiah bagi para penulis dan apresiasi buat dewan juri. Para penulis yang tulisannya terpilih dapat memilih buku yang disukainya (banyaknya sesuai jumlah donasi) secara berurutan sesuai besaran nilai dan peringkat hasil penilaian dewan juri yang akan diumumkan kemudian.

SYARAT-SYARAT:

1. Penulis adalah anggota milis sekolah-kehidupan@yahoogroups.com dengan apapun agama dan keyakinannya. Jadi buat Sahabat Eska yang non-Muslim, jangan pernah ragu untuk mengirimkan karya Anda!

2. Penulis yang berhak mengirimkan tulisan untuk diseleksi dalam lomba adalah anggota milis Eska yang sudah pernah memposting tulisan atau komentar di milis Eska minimal 3 tulisan. Bukti tulisan atau komentar yang pernah diposting sebelumnya turut dilampirkan dalam lembar terpisah yang menyertai tulisan yang dilombakan.

2. Artikel dibuat di kertas A4 sebanyak minimal 5 (lima) lembar atau 1500-2000 kata, ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan 1,5 spasi. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan memenuhi EYD.

3. Judul artikel atau cerita, dan nama penulis dicantumkan di bagian atas di tengah-tengah tulisan.

4. Artikel atau cerita adalah asli, bukan jiplakan dan tidak pernah diterbitkan di media manapun. Dan tidak sedang diikutkan dalam suatu perlombaan penulisan.

5. Isi tulisan adalah tanggung jawab si penulis sendiri. Sekolah Kehidupan tidak bertanggung jawab atas gugatan terhadap isi tulisan oleh siapapun, dan dengan dalih apapun.

7. Artikel dikirim ke milis Sekolah Kehidupan dengan SUBJECT: "[1001 Ramadhan]: —sebutkan judulnya". Contoh: [1001 Ramadhan] Ketika Sahur Tiba. Tulisan juga ditembuskan (di-cc) ke alamat email sekolahkehidupan@yahoo.com
dan kabinet.eska@gmail.com dengan dilampiri biodata singkat penulis dan bukti minimal 3 tulisan atau komentar sebelumnya di milis Eska dalam 1 lembar terpisah.

8. Diperbolehkan mengirimkan tulisan lebih dari satu.

9. Tulisan yang tidak memenuhi kriteria tersebut di atas tidak akan dinilai oleh dewan juri.

10. Tenggat pengiriman tulisan paling lambat tanggal 15 Oktober 2007. Selanjutnya akan dipilih 30 tulisan terpilih oleh dewan juri yang telah ditunjuk. Pengumuman 30 tulisan terpilih maksimal tanggal 15 November 2007 di milis Eska atau situs sekolahkehidupan.com dan blog sekolahkehidupan.multiply.com.

11. Bagi anggota yang keluar dari keanggotaan milis Eska atau unsubscribe, maka artikelnya tidak akan dimasukkan dalam penilaian dewan juri.

12. Tulisan terpilih akan dipertimbangkan dimasukkan sebagai antologi tulisan amal Eska atas kerjasama Komunitas Sekolah Kehidupan dan Portal Infaq.

12. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu-gugat.

Pengumuman ini berlaku sejak tanggal 18 September 2007.

Terima kasih.
Jakarta, 18 September 2007.
Tabik,
Nursalam AR
Ketua Komunitas Sekolah Kehidupan (Eska)
http://groups.yahoo.com/group/sekolah-kehidupan/

No comments: